Saturday, October 12, 2013

Tutorial Dasar Adobe Photoshop

Tutorial Dasar Adobe Photoshop
Tips Desain Spanduk Kain Sablon.

Berikut bahasan mengenai menciptakan perencanaan desain di Adobe Photoshop. Membuat ukuran lebar 4m dan tinggi 3m di photoshop dengan cara:

Pilih sajian File > New dan pada kotak Width masukan angka 400 dalam artian 400cm = 4m. Lalu pada kotak sajian dropdown disebelah kanan ukuran nya diganti menjadi cm. Kemudian pada setting Height (tinggi) masukan angka 300 dalam artian 300cm = 4m. Lalu pada kotak sajian dropdown disebelah kanan  juga diganti menjadi cm.

Kemudian masukan angka Resolution 72, kemudian pada sajian dropdown sebelah kanannya diisi dengan Pixels/inch. Resolution atau yang dapat disebut juga dengan istilah DPI. Menentukan Resolution atau DPI ini harus menyesuaikan dengan spesifikasi komputer yang digunakan untuk menciptakan desain. Semakin tinggi angka Resolution nya semakin berat menciptakan desainnya dan membutuhkan spesifikasi hardware komputer yang tinggi contohnya Processor nya harus tinggi (diatas dual core) dan juga ram nya harus tinggi.

biasanya kalau ukuran desain sudah lebih dari 3 meter gunakan Resolution/DPI 72. Biasanya ini digunakan untuk menciptakan desain spanduk, backdrop atau sejenisnya. Jika desainnya untuk kebutuhan cetak kertas (poster) contohnya poster dengan ukuran kertas A4, A3, A2 maka Resolution yang digunakan ialah 300 pixels/inch.

Kemudian sebagai tahap tamat gunakan Color Mode CMYK Color 8 bit, alasannya ialah CMYK Color biasanya digunakan untuk menciptakan desain berbentuk cetakan dan jangan gunakan RGB Color, alasannya ialah RGB Color biasanya digunakan untuk menciptakan desain pada produk-produk siaran TV atau Video editing. Pada dasarnya majemuk color mode menyerupai yang ada pada photoshop yaitu Bitmap, Grayscale, RGB Color, CMYK Color dan Lab Color semuanya mempunyai fungsi dan kebutuhan nya masing-masing.

Kesimpulannya sebelum menciptakan suatu desain, yang pertama kali harus disetting ialah pada ketika pembuatan project file nya, yaitu setting awal desain yang dapat ditemukan di sajian FILE kemudian pilih NEW sehabis semuanya di isi menyerupai yang tertera pada pola gambar diatas jangan lupa tekan OK dan mulailah menciptakan desain.


Hopefully Useful!
Post By:


Sumber http://ninequadrat.blogspot.com/


EmoticonEmoticon