Friday, March 1, 2019

Cara Menciptakan Banner Dengan Coreldraw X4

Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X4 Part 1

Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4 - Assalamu'alaikum, mau share lagi ni sob, kali ni perihal cara buat banner. Waktu lagi buka-buka blog ini kebetulan di side kafe kanan ada iklan dari situs belanja.com. Banner iklannya berdasarkan saya simple dan menarik. Kemudian saya berfikir untuk membuatkan tutorialnya untuk teman kumpulan tutorial.

Awalnya saya agak takut juga buat tutorial perihal desain orang, apalagi yang punya desain perusahaan besar. Tapi berdasarkan saya kalau saya tidak mengakui itu desain hasil buatan saya dan menyertakan sumber desain tersebut saya rasa tidak masalah. Saya hanya mengembangkan isu perihal bagaimana cara membuatnya versi dari versi saya.

Toh banyak juga diluar sana blog-blog yang membahas perihal bagaimana cara menciptakan logo brand-brand ternama. Seperti blog ini sebelumnya saya sudah share tutorial bagaimana cara membuat logo telkomsel.


Tutorial memuat desain banner iklan di blog ini saya buat menjadi 2 Part. Alasannya yang pertama alasannya artikel ini saya buat di bulan puasa, jadi saya gak dapat tidur terlalu malam untuk menuntaskan tutorial ini dalam waktu 1 malam, alasannya besoknya saya harus berdiri pagi untuk sahurrrrr...

Alasan kedua, alasannya saya buat tutorial ini agak rinci maka step-stepnya agak panjang. Mengapa saya buat artikel ini lebih lengkap dan rinci?. Karena pengunjung blog ini bukan hanya sobat-sobat kita yang sudah andal atau lebih memahami perihal CorelDRAW.

Namun sobat-sobat kita yang masih awam dan ingin berguru perihal CorelDRAW juga sering mampir ke blog yang sederhana ini. Untuk itu saya menyampaikannya denga bahasa yang berdasarkan saya gampang di pahami dan langkah-langkahnya juga saya buat sedetail mungkin.

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4

Langsung saja kita simak tutorial Cara Praktis Membuat Banner Ikaln di CorelDRAW X4 untuk pemula maupun menengah....


#1. Buka CorelDRAW X4 teman atau dapat juga denga versi yang lain. Kemudian buat ukuran kertas 210 x 405 mm. Atau bila teman ingin memasang banner ini nantinya untuk di halaman blog atau website teman dapat menyesuaikan resolusinya sesuai kebutuhan. 

#2. Buatlah objek persegi panjang dengan menggunakan Rectangle Tool (F6).

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4

#3. Warnai objek tersebut dengan warna R : 253, G : 235, B : 219.

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4

#4. Buat persegi panjang dengan memakai Rectangle Tool (F6) dengan ukuran 330 x 17 mm. Beri warna R : 252, G : 240, B : 194

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4

#5. Powerclip objek tersebut ke dalam objek pertama tadi. Pilih Menu Effects - PowerClip - Place Inside Container.
#6. Edit objek tadi dengan cara pilih menu Effects - PowerClip - Edit Contents

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4

#7. Lalu Skew objek tersebut, caranya pilih menu Arrange - Transformations - Skew. Atur nilai degress nya 42 kemudian klik Apply

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4

#8. Duplicate menjadi dua objek tersebut Kemudian letakan posisinya menyerupai berikut.

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4

#9. Sekarang kita beri efek Blend dengan memakai Interactive Blend Tool. Pilih Interactive Blend Tool kemudian drag pointer mouse dari objek 1 ke objek 2, lihat gambar berikut.

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4


#10. Kemudian tekan CTRL + K untuk memisahkan semua objek tersebut.

#11. Berilah warna belang-belang atau menyerupai warna zebra. Lihat pewarnaanya menyerupai gambar berikut. 

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4

#12. Klik Finish Editing Object atau dapat juga dengan pilih menu Effects - PowerClip - Finish Editing This Level. Kemudian teman dapat menghilangkan Out Linenya

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4

#13. Langkah selanjutnya, Pilih Text Tool (F8). Lalu buatlah goresan pena VOUCHER, teman dapat menuliskannya dengan text lain. 
#14. Disini saya memakai Font Franklin Gothic Demi dengan ukuran 120 pt kemudain saya rapatkan tulisannya dengan memakai Shape Tool (F10)

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4


#15. Warnai dengan warna Grass Green. Buat garis diagonal dengan memakai Freehand Tool (F5).

 Membuat Banner Iklan Sendiri dengan CorelDRAW X Cara Membuat Banner dengan CorelDRAW X4


Kita Lanjut ke Part 2

Baca Juga :


Part : 1 2

Tag :  cara buat banner, cara buat banner iklan di web atau blog dengan coreldraw, cara gampang menciptakan banner spanduk sendiri, pola banner.

Sumber https://belajar-dotcom.blogspot.com/


EmoticonEmoticon