Saturday, March 2, 2019

Membuat Objek 3D Dengan Coreldraw

Cara Praktis Membuat Objek 3D Dengan CorelDRAW

Membuat Objek 3D - Kali ini akan menyebarkan tutorial cara pembuatan objek 3D dengan memakai Aplikasi CorelDRAW x4. Tutorial kali ini kita akan memanfaatkan kemudahan Effects - Lens - Fish Eye. Kaprikornus kita menciptakan objek 3D nya memanfaatkan pengaruh Fish Eye. Oke sahabat eksklusif saja kita simak tutorialnya,selamat membaca :)


1. pertama kita buka aplikasi CorelDRAW kemudian buat sebuah objek lingkaran dengan memakai Ellipse Tool (F7).




2. Kemudian copy paste objek yang telah kita buat tadi. Cara copynya kita memakai pengaruh Transformation agar lebih gampang mengcopynya dan lebih tertata.

3. Caranya, klik menu Arrange - Transformation - Position. Pada kotak Transformation - Position, kita centang Relative Position kemudian pada kotak dibawah Relative Position tersebut kita centang yang sebelah kiri agar objek yang kita duplicate tercopynya ke arah kiri. Kemudian klik Apply To Duplicate.





4. Cara yang ke 4 sama ibarat cara sebelumnya, bedanya, kita pindah centang Relative Positionnya di sebelah bawah.Setelah itu block semua objek lingkaran tersebut kemudian Group (CTRL + G). Hasil copy tersebut terihat ibarat gambar dibawah.





5. Berikutnya kita warnai objek lingkaran tersebut. Klik Rectangle Tool (F6) kemudian buat objek persegi. Lalu  kita warnai dengan memakai Interactive Fill Tool (G).Pilih Efek Radial, kombinasi warnanya sesuaikan dengan impian sobat.





6. Setelah itu kita PowerClip Objek yang telah kita warnai tersebut ke objek lingkaran tadi. Caranya, klik/aktifkan objek persegi kemudian klik menu Effects - PowerClip - Place Inside Countainer.





7. Jika sudah, maka objek lingkaran tersebut akan menjadi berwarna Radial. Hilangkan Out Linenya.




8. Langkah selanjutnya kita buat Objek Lingkaran atau bola yang lebih besar, letakan di tengah objek lingkaran pertama tadi.






9. Sekarang kita beri pengaruh Fish Eye. Caranya, klik menu Effects - Lens - Kemudian pada Lens Effect pilih Fish Eye, nilai Ratenya dapat sahabat sesuaikan sendiri sesuai impian sobat, semakin besar nilai Ratenya maka akan semakin besar pengaruh Fish Eyenya. Centang Frozen untuk menciptakan objek bola tersebut menyatu menjadi sebuah objek 3D.





10. Kita geser objek yang sudah kita beri pengaruh Fish Eye tadi, kemudian hilangkan Out Linenya.






11. Nah hingga sini udah jadi pengaruh 3Dnya, selanjutnya tinggal sahabat kreasikan sendiri dengan ilham sahabat biar dapat jadi lebih menarik objeknya.





Jika kurang terang sahabat dapat melihat tutorial videonya dibawah :




Sekian Tutorial kali ini Cara Membuat Objek 3D dengan Menggunakan Aplikasi CorelDRAW X4. Selamat mencoba!

Tag : komunitas pengguna CorelDRAW Indonesia, pengaruh 3D Corel, tutorial CorelDRAW, mencar ilmu CorelDrAW, menciptakan objek 3d di coreldraw, pengaruh coreldraw keren, menciptakan pengaruh 3d di coreldraw.

Sumber https://belajar-dotcom.blogspot.com/


EmoticonEmoticon