Saturday, August 20, 2016

Cara Menciptakan Stempel Memakai Coreldraw

Cara Membuat Stempel Menggunakan CorelDRAW

hiiiiiiii..... whatsuppppppp... sehabis kemarin ane ngebahas ihwal CorelDRAW, kali ini ane mau ngebahas ihwal penggunaan CorelDRAW untuk menciptakan stempel...
Stempel yaitu tanda tera yang dimiliki oleh sebuah instansi/institusi ataupun kelompok yang dipakai sebagai  bukti pengakuan atas sesuatu yang terkait dengan interaksi institusi atau kelompok terhadap pihak lain. Stemple mempunyai beberapa kegunaan bagi kehidupan manusia, menyerupai sebagai bukti pengesahan, penguatan, dan pertanggungjawaban. 
Untuk diketahui, stempel mempunyai ukuran diameter yang bervariasi. Menurut standar dunia perstempelan ukuran terkecil stemple  di mulai dari diameter 15 mm sampai 40 mm. masing-masing kelipatan 5 atau 15-20-25-30-35-40, dsb). Apakah boleh lebih besar ? terserah mau se-gede ban tronton atau se-gede cinta ku padamu juga gak papa..awkwkwk... tapi rata-rata ukurannya di dunia insan segitu. Stempel mempunyai aneka macam bentuk, ada yang bulat, ada yang oval, ada yang kotak, dan ada juga yang  tidak berbentuk sebab stempelnya ilang, hahahhahhah. Kali ini ane mau membahas ihwal cara menciptakan stempel berbentuk lingkaran memakai CorelDraw. Langsung saja disimak…
Cara menciptakan stemple memakai CorelDRAW
1.        Pertama-tama buka lembar kerja. Berhubung ukuran stempel tidak begitu besar maka lebih baik di gunakan lembar kerja ukuran kecil saja (saya pakai ukuran a5).

2.       Buat lingkaran menggunakan Ellipse Tool (F7) lalu drag (tarik sudut kiri atas ke kanan bawah ), pola saya pakai ukuran 3 cm (30 mm). untuk menegaskan ukuran semoga presisi panjang dan lebar objek harus sama, lihat di Size Tool (ket 2)klik Size Tool (logo gembok) untuk mengutak atik ukuran panjang dan lebar. Bila sudah, klik objek (lingkaran) yang gres di buat kemudian taruh di tengah-tengah lembar kerja  atau sanggup menekan karakter “P” pada keyboard, ini penting untuk menyesuaikan tingkat presisi objek dimana dalam proses selanjutnya akan ada beberapa lingkaran yang saling berhimpitan.




3.        Objek lingkaran sudah di tengah, kemudian buat 3 lingkaran lagi.  Bisa dengan Copy dan Paste objek ( Ctrl + C > Ctrl + V) atau Duplikat ( Ctrl + D ). Lalu sesuaikan ukurannya menyerupai pola di gambar 3. Idealnya setiap lingkaran di beri selisih ukuran 1 sd 2 mm. (saya pakai 30 mm untuk tepi luar, 28 mm untuk tepi luar dalam dan 20 mm untuk lingkaran tengah.


4.        Sesuaikan juga ukuran Outline di kolom Outline Width



5.       Sekarang memasukkan teks ke objek, caranya buat satu lingkaran lagi sebagai lingkaran bantu. Beri ukuran dengan silisih 1 s/d 2 mm dari lingkaran tengah ( line merah )

6.       Klik lingkaran ke 4 (warna ungu) kemudian Pilih Text Tool (F8) arahkan mouse sempurna ke garis bantu outline lingkaran ( bila sempurna akan muncul instruksi menyerupai di gambar ( icon edge). Hal ini dilakukan semoga goresan pena mengikuti kontur lingkaran (melengkung).


7.        Ketikkan kata yang di inginkan saya contohkan TUTORIAL CORELDRAW (atas) – MR. TYPING (bawah)
Sesuaikan ukuran FONT sampai terlihat proporsional dan penuh di space.

Catatan :
a. Untuk mengatur ukuran font double click pada objek yang terdapat teks lalu drag hingga ukuran dirasa pas dan proporsional.

b. Apabila teks yang dimasukkan terlalu pendek maka gunakan Shape Tool (F10) untukmemberi jarak (kerapatan) karakter dalam teks. Geser (drag) dari kiri ke kanan atau sebaliknya.




8.       Bila dirasa posisi teks sudah pas (presisi) maka llingkaran bantu sanggup di hilangkan caranya convert teks ke bentuk curve (Ctrl + Q) maka antara lingkaran bantu dan karakter sudah terpisah. Hapus/Delete ( Del) lingkaran bantu.


9.       Lakukan langkah yang sama untuk kata yang di pecahan bawah. (contoh : MR. TYPING). Namun diameter lingkaran yaitu berjarak 1 - 2 mm dari lingkaran tepi luar dalam. Huruf yang di masukkan biasanya menghadap ke bawah, gunakan tool Mirror Text dan sesuaikan horizontal dan vertikalnya. kemudian gunakan teknik 7.a dan 7.b untuk menyesuaikan ukuran font serta jarak huruf.




10.   Tambahkan ornamen bintang di Stempel yang kita buat untuk mempertegas perbedaan antara teks atas dan teks bawah. Pilih Star Tool > Drag letakkan di antaranya pada ruang kosong kiri dan kanan (lihat gambar).




11.   Untuk pecahan tengah silakan berkreasi sendiri, ada beberapa yang menambahkan 2 garis dan teks ada juga yang berupa gambar/logo. Makara tergantung ente-ente sekalian, jika ane menambahkan teks STEMPLE saja.

12.    Desainnya sudah jadi. yang terakhir export ( Ctrl + E ) desain stempel tadi ke format PNG dan centang transprency.


13.   stempel desain sendiri telah selesai. Selamat mencoba.


video pembuatan stempel :




Sumber :



Sumber http://laki-lakiwow.blogspot.com/


EmoticonEmoticon